RSS

Manfaat Buah Anggur

03 Oct

manfaat buah anggur justtrialPada tahu kan buah anggur? Tanaman yang mulai diberdayakan sekitar tahun 4000 Masehi tersebut memiliki kaya manfaat bagi tubuh kita. Awalnya, tanaman ini diberdayakan di wilayah Timur Tengah.

Di dalam buah anggur terdapat banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan dalam metabolism tubuh. Tidak hanya itu, senyawa anti oksidan yang ada di dalam buah anggur mampu menangkal radikal bebas. Dari unsur-unsur tersebut, menjadikan buah anggur memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan kita.

Berikut beberapa manfaat buah anggur bagi tubuh:

1.  Melindungi mata dari penyakit katarak

Flavonoid dalam buah anggur berperan dalam menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal    bebas. Antara lain penyebab katarak.

2.  Mencegah kanker payudara dan migrain

Kebiasaan mengkonsumsi jus anggur dapat menurunkan resiko tubuh dari terjangkit kanker payudara.    Konsumsi jus anggur murni tanpa campuran air juga bermanfaat untuk mengobati migrain.

3.  Menurunkan resiko penyakit jantung

Mengkonsumsi buah anggur secara rutin dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Meningkatnya     kadar oksida nitrat dalam tubuh, dapat mencegah pembekuan darah serta menurunkan resiko penyakit jantung.

Selain itu, kandungan antioksidan anggur juga bisa menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang dapat menghambat pembuluh darah. Kolesterol LDL adalah kolesterol jahat, yang bila jumlahnya berlebih di dalam darah akan diendapkan pada dinding pembuluh darah membentuk bekuan yang dapat menyumbat pembulun darah.

4.  Menghilangkan gangguan pada pencernaan tubuh dan ginjal

Mengkonsumsi buah anggur sangat baik untuk melindungi tubuh dari gangguan pencernaan. Anggur juga baik untuk menghilangkan asam pada ginjal. Sehingga kesehatan ginjal dapat terjaga.

5.  Baik untuk penderita asma

Buah anggur memiliki kekuatan assimiratory yang membantu meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini tentu baik untuk penderita asma karena bisa menurunkan masalah sesak napas.

6.  Mengontrol tingkat kolesterol darah

Pterostilbene adalah senyawa dalam buah anggur yang bisa berperan dalam menurunkan kadar kolesterol darah, Selain itu, Saponin yg ada dalam kulit anggur berperan dalam penyerapan kolesterol darah.

7.  Mengobati susah buang air besar

Kandungan gula, selulosa, serta asam organik dalam buah anggur berperan sebagai pencahar, sehingga konsumsi buah anggur dipercaya dapat mengobati susah buang air besar atau yang lebih dikenal dengan sembelit.

8.   Melindungi tubuh dari infeksi

Kandungan Antivirus dan antibakteri dalam buah anggur dapat memberikan perlindungan tubuh dari infeksi.
Karena manfaat yang dimiliki, buah anggur dapat disebut sebagai tanaman obat. Mulai dari sekarang, apa salahnya untuk kita mengkonsumsi anggur bagi kesehatan tubuh kita.

Sumber: liputan6.com

 

 
Leave a comment

Posted by on 3 October, 2014 in Lain-lain

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: