RSS

Filosofi dan Fakta Tentang Pisang

03 Oct

filosofi pisang justtrialPisang adalah tanaman buah berupa herba yang berasal dari kawasan di Asia Tenggara (termasuk Indonesia). Tanaman ini kemudian menyebar ke Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Tengah.
Buah populer yang memiliki banyak rahasia yang belum diketahui. Berikut adalah beberapa fakta aneh tentang buah aneh dan lezat ini.

1. Pisang Adalah Penemuan Manusia

Pisang seperti yang kita ketahui adalah penemuan manusia dari tahun 5000 SM Karena orang-orang pada zaman itu sangat picky dalam memilih makanan dan mereka tidak suka biji. Jadi, mereka membuat tumbuhan hibrid sampai mereka berhasil membuat buah tanpa biji. Walaupun masih ada biji kecil dalam pisang, namun mereka tidak peduli. Lihat begitu anehnya pisang pada zaman itu.

2. Pisang Sebenarnya Bukan Pohon
Memang benar ternyata! Pohon itu sebenarnya hanya herbal yang menyamar sebagai pohon. Sebuah herbal yang besar. Mencoba menjadi pohon kelapa.


3. Pisang Hanya Berbuah Sekali, Kemudian Mati

Pohon pisang atau herbal hanya tumbuh satu tandan pisang dan kemudian mati. Untungnya, pohon itu menciptakan tunas baru (tanaman bayi) sebelum akhirnya mati. Siklus ini berlangsung selama sepuluh tahun, dan kemudian organisme tertentu yang mati.


4. Pisang Memiliki Risiko Kepunahan

Akibat 2 penjelasan diatas (buah herbal tanpa biji buatan manusia), ditambah jenis perkebunan pertanian (kurangnya varietas = kelemahan genetik) pisang Cavendish yang super populer ini selalu berisiko. Salah satu risiko adalah hama yang agresif atau penyakit, dan pisang akan punah.


5. Pisang Adalah Obat Anti Mabuk

Pisang adalah obat anti mabuk yang luar biasa! Karena itu, Coke (soda, minuman cola), mereka kaya akan kalium. Makan satu sebelum tidur atau sesudah bangun.

6. Anda Bisa Sial Jika Membawa Pisang Diatas Kapal

Ini takhayul pelaut. Beberapa kapal bahkan Banana Boat atau Banana Republic terdapat tanda larangan membawa pisang. Tak ada yang benar-benar tahu alasan yang pasti. Ada yang bilang itu karena kapal yang mengangkut pisang harus pergi cepat sehingga buah tidak rusak, dan sebagai hasilnya mereka tidak dapat memancing. Beberapa mengatakan bahwa buah itu menghasilkan gas metan yang dapat membunuh pelaut. Pendapat yang berbeda ini membuat ane bertanya-tanya, bagaimana penemuan Banana Boat bisa terjadi ?

7. Anda Perlu Menggunakan Ilmu Nuklir Untuk Mengekstrak Jus dari Pisang

Sangat sulit untuk mengekstrak jus dari pisang, meskipun pisang memiliki 80% air. Apakah ente pernah mencoba memeras pisang? Struktur molekul pisang tidak sangat mudah dipengaruhi. Jus pisang yang tersedia saat ini adalah pisang diblender, tidak meremas pisang. Yang jelas curang. Tapi untuk beberapa alasan, para ilmuwan atom India sedang berusaha untuk menemukan cara untuk mengekstrak jus dari pisang.

Manfaat Pisang:
– Manfaat Pisang untuk ibu hamil.
– Manfaat buah pisang bagi penderita Hipertensi.
– Pisang bermanfaat bagi penderita penyakit perut dan saluran pencernaan.
– Pisang sebagai luka bakar.
– Manfaat buah pisang bagi penderita Anemia.
– Pisang dapat meningkatkan konsentrasi.
– Pisang sebagai obat depresi.
– Manfaat buah pisang untuk menghilangkan jerawat.

Folosofi Pisang.
Belajar Hidup Pantang Menyerah
Pohon pisang tak mau mati sebelum berbuah. Ia ingin kehadirannya di atas dunia ini bisa memberi manfaat sebelum ajal datang menjemput.
Pohon pisang telah mempersiapkan generasi penerusnya sebelum ia mati. Tunas-tunas muda inilah yang akan meneruskan tugasnya memberi kebaikan kepada siapapun yang memetik buahnya, atau mengambil daunnya atau memanfaatkan batangnya.
Manusia sebagai makhluk yang dikaruniai akal seharusnya bisa berbuat lebih dari sekadar batang pisang.

Kenapa Pisang hanya berbuah satu kali ?
Jelas. Logikanya. Perkembangbiakan pisang kan gampang dan cepet banget, yaitu lewat tunas. kalau seandainya pisang tidak mati setelah berbuah, bayangkan ada berapa banyak pohon pisang di dunia.

Sumber: kaskus.co.id

 
Leave a comment

Posted by on 3 October, 2014 in Lain-lain

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: