RSS

Inspirasi dari Pemilik Bengkel Motor

20 Nov

Kamis kemarin saya telat masuk kantor. Itu bukannya tanpa sebab. Saya telat karena saya harus memarkirkan motor kesayangan saya ke sebuah bengkel langganan di bilangan Kampung Utan, Ciputat, karena remnya blong. Oia, tulisan ini bukan bermaksud promosi bengkel karena bengkel langganan saya memang sudah rame setiap harinya. Ada yang tahu apa nama bengkel tersebut? Ya, namanya Bengkel KARDI.

Saya telah lama mengenal pemiliknya walaupun saya belum pernah ngobrol seperti apa yang akan saya share berikut. Saya anggap kisah kehidupannya bisa menjadi inspirasi kita. Siap lanjut?

Namanya Kardi. Dulu, beliau bekerja di sebuah dealer motor. Selama lebih dari 9 tahun beliau bergelut dengan profesinya itu sebelum memutuskan untuk resign dan membuka sebuah bengkel kecil. Beliau merintis bengkel kecilnya berdua dengan temannya. Hal ini tidak berjalan mulus seperti yang mereka harapkan. Jadi ceritanya begini.

Mereka menyewa tempat (semacam ruko) di sebuah pemukiman warga. Dikarenakan tempatnya berada ditengah-tengah perumahan warga, maka ketika ada pelanggan yang ingin menyervis motornya, para warga disekitarnya sepakat untuk meninggalkan rumahnya untuk sementara sampai servis motor selesai. Anehnya, mereka tidak ada yang berani menegur si pemilik bengkel. Walhasil, pak Kardi pun merasa tidak nyaman karena mengganggu warga sekitarnya tanpa menunggu teguran. Dan beliaupun mencari lokasi baru yang agak jauh dari warga.

Di lokasi barunya tersebut, beliau tidak serta-merta memperoleh kesuksesan. Pernah, suatu saat ada yang melaporkan beliau ke RT setempat karena suara bengkelnya masih terdengar agak berisik walaupun lokasinya tidak ditengah-tengah warga. Beliaupun mencari tempat baru.

Seiring berjalannya waktu, pelanggan beliaupun semakin banyak termasuk pelanggan tetap seperti saya ini😀 . Beliaupun kerepotan melayani konsumennya sampai akhirnya beliau merekrut banyak karyawan. Hingga kini beliau mempunyai belasan karyawan. Beliau juga mulai memikirkan untuk menyewa tempat yang lebih luas agar dapat menampung motor para konsumennya sampai akhirnya menemukan tempat yang seperti sekarang ini.

Walaupun hanya pemilik bengkel motor, namun beliau mempunyai beberapa prinsip yang membuat saya kagum.

1. Beliau memperhatikan masa depan karyawannya, terlebih yang loyal. Beliau menjanjikan sebidang tanah yang dapat diambil beberapa tahun kedepan sebagai investasi masa depan.

2. Beliau merasa sangat senang apabila ada anak buahnya yang bisa membuka bengkel sendiri. Beliau bukannya takut bersaing, tapi malah mendukungnya, salah satunya dengan meminjamkan modal dan memasok barang-barang yang dibutuhkan. “Inilah hal yang paling membuat saya bangga,” katanya.

3. Beliau adalah pekerja keras. Beliau justru kebingungan mau ngapain jika ada hari libur.

Seandainya banyak boss yang mempunyai prinsip diatas, maka saya yakin para karyawannya akan setia. Betul bukan?

🙂

 
4 Comments

Posted by on 20 November, 2011 in Inspirasi, Lain-lain

 

Tags: , ,

4 responses to “Inspirasi dari Pemilik Bengkel Motor

  1. berita honda

    21 November, 2011 at 7:09 am

    Pertamax..
    Thanks infonya yah mas.. berarti sekali nih

     
  2. mirza3m

    22 November, 2011 at 3:51 pm

    Terima kasih🙂

     
  3. compasauto

    12 February, 2012 at 3:52 pm

    Salam sukses

     
  4. andychaerudin

    2 July, 2013 at 12:54 pm

    herrrrr…

    pa kardi masih eksis brow??? dia langganan sy juga saat di ciputat…:D

    sukses untuk pa kardi! sukses untuk kita semua!!!!!

     

Leave a Reply

 
