RSS

Kunci Keberhasilan dalam Hidup Anda

17 Oct

Suatu hari saya pulang dari kampung bahasa inggris, Pare, yang terletak di daerah Kediri, Jawa Timur. Saya pulang menggunakan transportasi paling murah, yakni kereta api Brantas jurusan Jombang-Jakarta. Saya memilih kereta karena ingin merakyat. Padahal karena uang saku dikantong sudah habis😀

Di dalam kereta, saya bertemu dengan beberapa kawan seperjuangan di Pare. Tentunya, kami memilih tempat duduk yang berdekatan untuk berbincang-bincang selama perjalanan. Di dalam kereta, kami berbaur dengan para penumpang kereta lain dengan saling berhadap-hadapan.

Kota demi kota kami lewati. Kami tidak sadar, perjalanan sudah memakan waktu hampir 7 jam. Walaupun masih jauh dari tujuan kami (Stasiun Senen), tapi dikarenakan keasyikan ngobrol, waktupun berjalan sesukanya. Kami sudah tertidur dan terbangun kembali.

Ditengah perjalanan, saya diajak ngobrol dengan orang yang berhadapan dengan saya (bukan termasuk kawan seperjuangan tadi yang masih terlelap dalam tidurnya) yang sedang asyik berbincang dengan orang dewasa lainnya (yang saya yakin juga baru kenal di kereta).

Mereka (beliau berdua) melibatkan saya dalam percakapan mereka dengan bertanya tentang riwayat pendidikan saya. Mereka menyarankan saya supaya melamar kerja di PT Pertamina. Namun, saya hanya bisa tersenyum dan mengangguk karena tujuan saya pertama adalah mendaftar beasiswa S2 di Perancis. Amiiin.

Setelah beberapa waktu, mereka berdua menceritakan pengalaman mereka di daerah rantauan. Suka-duka yang pernah mereka alami pun tak luput dari bagian cerita itu. Dan saat-saat yang saya nantikan akhirnya tiba. Hal yang saya nantikan tak lain dan tak bukan adalah wejangan alias nasihat. Mereka hanya memberikan 2 hal yang harus saya pegang, jika ingin sukses dalam berkarir atau hal apapun.

“Kamu akan bisa survive dimanapun dan kapanpun kamu berada jika kamu punya dua sifat berikut,” pesan salah seorang dari mereka, serius. Penasaran? Jawabannya adalah Temen (bhs Jawa yang artinya bersungguh-sungguh dengan hal yang kita kerjakan) dan Jujur.

Bagaimana? Yuk kita praktikkan pesan tersebut🙂

 
Leave a comment

Posted by on 17 October, 2011 in Inspirasi, Memori

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

 
