RSS

Pameran Pendidikan Amerika

07 Oct

Pada tanggal 5 Oktober 2011 kemarin, The Indonesian International Education Foundation (IIEF) menggelar pemeran bertajuk “Study America U.S. Higher Education Fair”. Pameran tersebut diselenggarakan di hotel Kartika Chandra, Jakarta. Terdapat lebih dari 60 universitas/college yang berpartisipasi dalam rangka menyediakan peluang bagi calon mahasiswa asal Indonesia untuk kuliah di negeri Paman Sam.

Terlihat jelas, bahwa pengunjung sangat antusias dalam menyambut pameran tersebut. Tercatat bahwa pameran yang diselenggarakan hanya sehari dalam setahun itu mampu menyedot ribuan pengunjung untuk mengikuti seminar, bertanya tentang informasi perkuliahan di AS, atau hanya sekedar mengumpulkan brosur-brosur universitas. Intinya, tidak ada satupun stand yang tidak didatangi orang. Bahkan, tiap stand yang disediakan panitia disesaki oleh segerombolan remaja yang penasaran dengan informasi pendidikan di AS.

Pada pameran kali ini, perguruan tinggi bergengsi di Amerika pun tak mau melewatkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan siswa Indonesia, seperti University of Minnesota – Twin Cities, University of California – Berkeley, University of Denver, University of Iowa, dan lain sebagainya.

Penjagaan yang ketat juga tak luput dari pemandangan  yang menghiasi pameran tersebut. Setiap pengunjung yang akan memasuki area pameran, diperiksa diri maupun bawaannya. Tidak hanya menggunakan pemindai logam, namun juga diusap dengan kertas khusus yang kemudian dicocokkan dengan komputer.


Selain stand universitas dan college, disana juga dibuka stand yang menjual pakaian dan barang-barang kerajinan buatan orang Amerika. Terlihat beberapa fashion yang sedang tren di Amerika terpampang disebelah pintu masuk pemeran.

Dalam pameran tersebut, panitia juga menyediakan doorprize yang menambah semangat pengunjung untuk berlama-lama disana. Doorprize dibagikan disela-sela pameran dan seminar pendidikan.

Banyaknya universitas Amerika Serikat yang berpartisipasi dalam pameran ini menunjukkan animo yang besar dari dunia pendidikan tinggi di Amerika terhadap pelajar Indonesia. Pameran ini terbuka untuk umum dan pengunjung tidak dipungut biaya.

Semoga saja hubungan erat yang terjalin antara Amerika dengan Indonesia dapat ditingkatkan, khususnya pendidikan. Bagi yang berkesempatan untuk menimba ilmu di Amerika diharapkan dapat ditularkan di Indonesia. Maju terus pendidikan di Indonesia!

 
Leave a comment

Posted by on 7 October, 2011 in Reportase

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: