RSS

Hari Jadi Google ke-13

27 Sep

Hari ini wajah google berubah menjadi ceria. Jika biasanya hanya bergambar tulisan GOOGLE dengan beraneka warna, saat ini tema Google Doodle berubah menjadi kue perayaan ulang tahun. Ya, Google telah merayakan hari jadinya yang ke-13.

Meskipun tanggal tepatnya selalu menjadi misteri, tetapi Google selalu merayakan hari jadinya setiap tanggal 27 September. Dibawah ini adalah tema Google Doodle tahun lalu.

Mashable pernah melansir, yang menarik dari peristiwa ini bahwa sebenarnya ultah tahun resmi Google hingga saat ini masih diperdebatkan. Beberapa pihak ada yang menyebutkan bahwa ultah Google jatuh pada 15 September 1997, yaitu hari dimana domain Google.com resmi terdaftar di dunia maya.

Sementara itu, keterangan lain menyebutkan bahwa Google mendaftarkan dirinya sebagai sebuah bentuk perusahaan pada September 1998. Berkas pengajuan izin perusahaan didaftarkan oleh Google pada 4 September.

Selanjutnya, ada yang menyebutkan hari jadi Google jatuh pada 7 September. Namun kini, dunia teknologi dan internet merayakan hari jadi Google tepat pada 27 September.

Untuk menjelaskan ketidakkonsistenan ini, dalam FAQ Google mencantumkan keterangan berbunyi: ? Google opened its doors in September 1998.” The exact date when we celebrate our birthday has moved around over the years, depending on when people feel like having cake.?

Dalam keterangan tersebut Google menegaskan bahwa meski perayaan hari jadi Google sering berubah-ubah, namun yang jelas Google pertamakali lahir pada September 1998. Perayaan ultah Google bergantung kapan hari yang paling menyenangkan bagi orang-orang untuk merayakannya.

Perjalanan selama 13 tahun yang silam, telah mengantar Google ke teknologi situs/web dengan meluncurkan mesin pencari yang paling banyak dikunjungi oleh netter seluruh dunia.

Google Inc., adalah salah satu perusahaan yang didirikan oleh dua akademisi Stanford University, Larry Page dan Sergey Brin, yang mendapat julukan “Google Guys”.

Google pertama kali didirikan sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998, dan melakukan lauching pada publik (IPO) pada tanggal 19 Agustus 2004.

Berbagai catatan sejarah tentang Google telah banyak berkembang pesat, Google yang mengambil slogan “Don’t be evil” benar-benar telah memprediksi sepak terjang selama 13 tahun belakangan ini.

Salah satunya, Google telah memiliki lebih dari satu juta server sebagai pusat data yang berada di seluruh dunia, serta telah melayani satu miliar permintaan pencarian dan sekitar dua puluh empat petabyte penggunaan data yang dihasilkan setiap hari.

Pertumbuhan signifikan yang dilancarkan Google telah memicu rantai produk, akuisisi, dan kemitraan di luar mesin web inti perusahaan pencarian tersebut.

Banyak hal-hal baru yang kini ditawarkan oleh Google selain mesin pencari, seperti layanan email Gmail, dan berbagi jejaring sosial, termasuk Orkut serta hadirnya Google Buzz dan Google+.

Google juga merambah pada desktop, dengan berbagai aplikasi seperti web browser Google Chrome, foto Picasa organisasi dan perangkat lunak editing, dan aplikasi Google Talk untuk instant messaging.

Mengenai pemeringkatan, Alexa masih merilis Google.com sebagai situs Internet yang paling sering dikunjungi secara umum di dunia. Tidak ada kata lain, selamat berbahagia (mbah/pak/om) Google!

Dari berbagai sumber.

 
Leave a comment

Posted by on 27 September, 2011 in Lain-lain

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: