RSS

Apa Tanda-tanda Ibadah Kita Diterima?

16 Sep

Ada beberapa ibadah yang telah Allah tentukan (baca: wajibkan) kepada kita. Sebagai manusia yang taat, sudah sepatutnya kita menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Dia telah menyediakan reward kepada hambaNya yang taat, yakni dengan memasukkannya ke dalam surga. Dia juga akan memberi punishment kepada orang-orang yang selalu membangkang terhadap perintahnya.

Lalu apa kunci orang-orang yang masuk surga?

Ternyata eh ternyata, taat saja tidaklah cukup. Menjalankan kewajibanNya saja tidaklah cukup. Menjauhi laranganNya saja tidaklah cukup. Ada satu kunci apabila kita ingin mendapatkan surgaNya. Kunci tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak pandang tua atau muda, kaya atau miskin, sehat atau miskin. Kunci tersebut bisa didapat dengan mudah, tapi bisa juga didapat dengan kesulitan. Tergantung orangnya. Namun, sekali lagi, siapapun dapat mendapatkan kunci tersebut. Kuncinya adalah IKHLAS!

Berikut ini definisi ikhlas yang ane dapat dari salah satu blog:

Ikhlas menurut bahasa adalah tulus hati, membersihkan hati dan memurnikan niat. Sedangkan menurut istilah berarti mengerjakan amal ibadah dengan niat hanya kepada Allah untuk memperoleh ridha-Nya. Pengertian lain adalah mentauhidkan dan mengkhususkan Allah sebagai tujuan dalam berbuat taat kepada aturan-Nya.

Ibadah yang diterima olehNya semata-mata karena keikhlasan kita dalam menjalankannya. Dengan kata lain, percuma jika kita tetap beribadah, sementara kita mengumbar/pame amaliyah kita kepada orang lain. Lalu, apa indikasi ibadah kita diterima?

Indikasi apakah shalat, zakat, puasa, haji, dan amalan (ibadah) baik lainnya diterima oleh Allah adalah apabila setelah kita beribadah, kita dapat dengan mudah (dengan pertolongan Allah) meningkatkan amalan baik kita.

Contoh sederhana: jika shalat kita diterima oleh Allah, maka setelah shalat kita ‘tidak’ lagi berbuat keji dan munkar serta akan dengan mudah (dimudahkan olehNya) menjalankan ibadah shalat-shalat lainnya. Jika puasa di bulan Ramadhan kita diterima, maka kita akan tetap menahan hawa nafsu kita dan juga tetap berbagi kepada sesama di bulan setelahnya. Dan lain sebagainya.

Semoga kita menjadi orang yang ikhlas dan diterima semua amalan baik kita.

 
Leave a comment

Posted by on 16 September, 2011 in Agama

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: