RSS

Kemenangan Atau Kehilangan? (Renungan 1 Syawwal 1432 H)

28 Aug

image

Menurut kalender, hari raya Idul Fitri 1 Syawwal1432 H jatuh pada tanggal 30 Agustus 2011 atau hari Selasa esok. Disini saya tidak memperdebatkan soal kapan hari raya itu akan Anda rayakan. Mau Selasa atau Rabu, itu hak Anda. Yang jelas, saya mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum minal aidin wal faizin mohon maaf lahir bathin. Semoga amal ibadah kita selama Ramadhan diterima Allah dan kita bisa dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun berikutnya. Amin.

Hari Raya a.k.a lebaran identik (Indonesia khususnya) dengan mudik, sungkeman, ketupat, halal bi halal, dan lain sebagainya. Kita bisa menyebutnya dengan hari kemenangan. Apakah kita sudah menang? Menang dari apa?

Selama puasa, kita digembleng untuk menjaga makan dan minum serta hawa nafsu kita. Jika kita menjalankan itu semua, artinya kita telah ‘menang’ dan berharap menjadi orang yang bertakwa. Karena, lebaran (baca: kemenangan) hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang lulus dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Lalu patutkah kita berbahagia? Mari kita renungkan bersama.

Idul fitri sendiri berarti kembali kepada kesucian seperti halnya sang bayi yang baru dilahirkan dari rahim seorang ibu. Itulah doa kita, agar kita kembali kepada kesucian atau fitrah. Ada juga yang berpendapat idul fitri berarti kita kembali dibolehkan makan siang (bahasa arabnya futhur). Apapun itu, yang jelas kita berharap agar kita mendapatkan predikat takwa dari Allah.

Disatu sisi kita telah meraih kemenangan karena lulus di bulan Ramadhan. Disisi lain, kita kehilangan (ditinggal sementara) oleh bulan agung, sayyidusy syuhur, bulan penuh rahmat dan ampunan yakni bulan Ramadhan. Rasul pernah bersabda yang intinya bahwa jika umat manusia mengetahui keutamaan-keutamaan yang ada di bulan Ramadhan, maka mereka akan memohon kepada Allah agar semua bulan selama setahun dijadikan bulan Ramadhan. Sayangnya, kita tidak (setidaknya belum) mengetahuinya.

Maka, saran saya pribadi marilah kita renungkan apa yang kita telah perbuat sebelum dan selama Ramadhan serta apa yang akan kita perbuat sesudah Ramadhan nanti. Janganlah kita larut dalam euforia yang berlebihan dan janganlah kita beranggapan bahwa Ramadhan selesai berarti kita dapat melakukan hal-hal tidak terpuji. Kita berlindung dan selalu memohon kepada Allah untuk menjaga kita.

Sekali lagi, selamat berlebaran. Yuk tingkatkan amal kita!🙂

 
Leave a comment

Posted by on 28 August, 2011 in Inspirasi

 

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: