RSS

Budaya Halal bi Halal (hanya ada di Indonesia)

01 Aug

Setiap bulan puasa a.k.a Ramadhan, kita sering mendengar istilah halal bi halal. Biasanya, acara ini akan diadakan setelah Ramadhan berakhir (Syawal–lebaran). Acara halal bi halal berarti saling memaafkan antara satu dengan yang lainnya. Acara tersebut dilakukan dengan berbagai macam cara, ada yang sekedar silaturrahmi ke rumah-rumah (salaman), sungkeman (adat Jawa yang mana orang yang lebih muda berlutut dan meminta maaf kepada orang yang lebih tua) atau bahkan dengan acara pesta pengajian. Itulah uniknya.

Lalu, dari mana budaya ini berasal? Ada beberapa versi yang menyebutkan dari mana asal budaya tersebut. Menurut sebuah sumber yang dekat dengan Keraton Surakarta, bahwa tradisi halal bihalal mula-mula dirintis oleh KGPAA Mangkunegara I, yang terkenal dengan sebutan Pangeran Sambernyawa. Dalam rangka menghemat waktu, tenaga, pikiran, dan biaya, maka setelah salat Idul Fitri diadakan pertemuan antara Raja dengan para punggawa dan prajurit secara serentak di balai istana. Semua punggawa dan prajurit dengan tertib melakukan sungkem kepada raja dan permaisuri.

Dari sejarah itulah, orang Indonesia menamakan halal bi halal. Saya sendiri kurang paham mengapa ada sebutan halal bi halal. Secara harfiah, maksudnya mungkin (menurut saya) menghalalkan alias memaafkan segala dosa yang pernah dilakukan oleh orang lain dengan cara salaman. Padahal, budaya maaf-memaafkan seharusnya tidak hanya dilakukan pada waktu lebaran saja kan? Namun, budaya ini jangan sampai terhapus dan harus kita jaga karena bagaimanapun budaya ini hanya ada di Indonesia. Setuju???

 
Leave a comment

Posted by on 1 August, 2011 in Lain-lain, Opini

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: