RSS

Pengen Koruptor Ngaku? Dihipnotis Aja!

21 Jul

Dari suvei yang dilakukan World Justice Project bulan lalu, Indonesia berada di urutan 47 dari 65 negara terkorup dan tidak adil di dunia. Artinya, budaya korupsi (kolusi, nepotisme) dan budaya tebang pilih masih sangat tampak di negara yang kita cintai ini. Akibatnya, kaum miskin semakin banyak kita jumpai di dalam tatanan masyarakat kita.

Sebenarnya, bukan tidak ada upaya untuk mencegahnya. Kita lihat dari masa Presiden Abdurrahman Wahid. Beliau merencanakan adanya badan yang secara khusus menangani kasus korupsi yang kemudian direalisasikan pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yodhoyono. Itulah Komisi Pemberantasan Korupsi alias KPK. KPK bertugas memonitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan untuk mencegah adanya tidak pidana korupsi. KPK juga berwenang menangkap para koruptor.

Namun, apa yang kita lihat kini sungguh memprihatinkan. Koruptor seakan bebas melenggang melakukan aksinya. KPK pun dibuatnya tidak berkutik. Berbagai wacanapun bermunculan untuk mencegah terjadinya tindak korupsi. Salah satu contohnya adalah hukuman mati bagi koruptor. Sebagian tidak setuju, sebagian lainnya mendukung.

Saya sebagai warga bodoh mengusulkan untuk dilakukan hipnotis kepada terduga korupsi. Saya yakin, dengan hiptotis seseorang akan berkata benar karena dia berbicara di bawah alam sadarnya. Namun saya juga berpikir apa boleh seseorang diperiksa dalam keadaan tidak sadarkan diri? Karena sesungguhnya dihipnotis itu berarti mengajak bicara dengan lawannya melalui alam bawah sadar alias tidur!

Bagaimanapun juga, ini adalah masalah kita bersama, bukan hanya pemerintah. Ini INDONESIA kita! Ayo kita bangun negeri tercinta ini. Kita bisa mencontoh negara lain dalam menangani korupsi. Semua pasti bisa, asalkan ada kemauan dan bersamaan kesulitan disitu ada kemudahan.

Menurut agan apa yang sebaiknya pemerintah lakukan untuk memberantas korupsi? Tolong jangan dijawab dengan nada pesimis ya🙂

 
2 Comments

Posted by on 21 July, 2011 in Opini

 

Tags: , , , , ,

2 responses to “Pengen Koruptor Ngaku? Dihipnotis Aja!

  1. Suwignyo

    1 August, 2011 at 8:57 am

    nggak ada koruptor yg mau ngaku…lha wong yg nyuruh ngaku juga koruptor…piye jal

     
  2. mirza3m

    1 August, 2011 at 11:45 am

    Susah membedakan yg korup sama yg tidak.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: