RSS

Windows 7

17 Feb

Akhir-akhir ini, Windows 7 sedang ramai dibicarakan banyak orang. Hari Rabu kemarin, saya coba menginstal Operating System (OS) besutan Microsoft tersebut. DVD saya dapatkan dari salah satu temen saya. Setelah kurang lebih 40 menit proses instalasi berjalan, akhirnya saya pun bisa menikmati tampilan baru Windows 7. Bagi orang yang belum pernah menggunakan Windows Vista (versi sebelum Windows 7), seperti saya, tentu Windows 7 sangat memukau. Baik dari segi tampilan maupun prosesnya.

Dari segi tampilan, saya hampir tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata (pokoknya top dech, hehe). Kata orang-orang yang pernah menggunakan Windows Vista, Windows 7 lebih menarik, walaupun hanya sedikit perubahannya. Sebaliknya, dari segi kecepatan prosesnya (asumsinya spesifikasi hardware yang digunakan sama) Windows 7 jauh lebih ringan daripada Windows Vista. Ada beberapa hal yang ingin saya bagikan, antara lain:

1. Ketika instalasi Windows 7 selesai, hampir semua hardware computer PC maupun laptop dapat dibaca. So, kita tidak perlu lagi menginstal driver-drivernya. Hanya beberapa driver yang tidak terbaca, seperti driver kartu jaringan.

2. Spesifikasi minimum yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan spesifikasi yang dibutuhkan untuk menginstal Windows Vista.

3. Ada beberapa aplikasi yang ditambah dan dikurangi. Aplikasi yang ditambah, misalnya Sticky Notes. Aplikasi yang dikurangi misalnya Windows Movie Maker. Namun, aplikasi yang tidak termasuk dalam bundle Windows 7, bisa didapatkan dan diinstall secara terpisah.

Informasi selebihnya, silakan cari di internet maupun di majalah-majalah. Selain tiga poin yang sudah saya paparkan di atas, ada beberapa hal yang ingin saya bagikan sekaligus tanyakan. Silakan tinggalkan komentar, jika ada yang mengetahui solusinya.

1. Sebagaimana yang sudah saya sebutkan poin pertama di atas, saya punya masalah. Hanya driver Ethernet onboard saya yang tidak terbaca. Ketika saya menginstal menggunakan CD driver yang saya dapatkan ketika membeli, tidak berjalan. Peringatan yang tertulis ketika proses instalasi berjalan: “This version does not support Windows Vista”. Lho kok Windows Vista? Dimana saya harus mencari driver yang support?

2. Melanjutkan pertanyaan pertama, driver sound onboard saya sudah terbaca. Namun, tidak ada suara yang terdengar di kedua telinga saya (waduh, bahasanya sok puitis hehe). Saya coba pakai speaker yang lain, juga tidak bisa. Kalau diinstal, peringatannya sama seperti poin satu di atas. Kira-kira kenapa ya??? Info: mainboard saya JetWay PA78VM3, 2GB RAM, sound/vga onboard.

Saya hanya berbagi informasi dan tidak bermaksud untuk mempengaruhi Anda untuk memilih OS ini. Sekali lagi, silakan tinggalkan komentar dan informasi tambahan lainnya.

 
3 Comments

Posted by on 17 February, 2009 in Lain-lain, Reportase

 

Tags: , , ,

3 responses to “Windows 7

  1. M. Hamzah Zubair

    18 March, 2009 at 12:45 am

    Apakah Chipset dukungannya sama dengan dukungan untuk Vista? bgmn chipset lama seperti intel 865xx, Sis 661xx, dan Via versi yang selevel masih bisa disupprt di windows 7

     
  2. Kuta Kharisma

    24 February, 2010 at 5:18 am

    mirip vista tapi lebih ringan ^^!

     
  3. mirza3m

    3 May, 2010 at 5:43 pm

    betul. rencananya, windows 8 juga tidak akan memakan sumber daya yang besar.

     

Leave a Reply

 
